Monday, May 4, 2020

Rapat kinerja EDC ?!


Hari ini gue kepanggil oleh kantor wilayah buat presentasi mengenai kinerja gue di bagian EDC. Setelah kemarin jumat sempat seakan ditakut-takutin oleh pegawai kantor wilayah mengenai pemanggilan beberapa IT Support dengan kinerja dibawa rata-rata. Gue sih ngerasa biasa aja, toh gue yang tau lapangan dan gue juga tau data tentunya dikarenakan kantor wilayah udah share tools buat liat index kinerja.
Sedikit cerita hari jumat kemarin, awalnya sih gue bingung gimana cara liat datanya. Gue tanya deh temen kanwil yang bikin tools ini, ternyata yang dilihat bukan pencapaian hingga akhir bulan namun lebih kearah rata-rata pencapaian dalam bulan tersebut. Gue coba deh buka lagi toolsnya, gue cek report tiap bulan dari Januari hingga April. Sekilas saja gue udah dapet gambaran gimana kinerja gue dari tiap bulan dari awal bulan hingga bulan ini. Itulah yang jadi kunci gue dalam jelasin gimana parameter gue dan apa yang udah gue raih.

Balik ke cerita hari ini...

Setelah empat cabang lain presentasi, tiba saatnya gue presentasi. Kalau gugup sih enggak, soalnya gue udah siapin laporan-laporan yang udah gue pikirkan di hari jumat kemarin. Hanya saja kali ini gue tulis di selembar kertas HVS putih dengan ballpoint biru buat simulasikan presentasi gue. Singkat cerita, presentasi gue lancar, dengan sedikit pertanyaan dari Bapak Kepala Bagian dan beberapa sindiran dari bapak SPV EDC.

Tips dalam menjalani sebuah presentasi agar lancar dan minim pertanyaan kaya gue tadi yaitu :
  1. Pastikan lu kerja beneran
  2. Ketahui kondisi lapangan
  3. Ketahui angka/parameter penilaian dari atasan
  4. Jelasakan dulu keunggulanmu
  5. Ceritakan kendalamu
  6. Berikan kesempatan bertanya
  7. Jawab Pertanyaan tersebut dengan jawaban tanpa ada unsur "ALASAN"
Namun, dari semua tips gue diatas ga bakal sukses lu lakuin sebelum lu bisa kontrol emosi lu.

0 comments:

Post a Comment