Friday, April 17, 2020

Harapan memberi Sebuah "Warisan"

Sebuah Warisan...

Gue adalah seorang yang mungkin bisa dibilang gampang terpengaruh oleh sebuah scene film.

Gue pribadi suka banget nonton film yang kategorinya Sci-Fi dan animasi. Ntah mengapa gue suka banget dengan hal-hal yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari. Contohnya dari kategori animasi, gue dulu suka banget nonton film animasi POKEMON. Didalam beberapa scene Pokemon terkadang memperlihatkan cara seorang karakter berkomunikasi jarak jauh dengan karakter lain. Yah kalo kalian pernah nonton ini film, pasti kalian paham dengan yang gue maksud. Yaps... Videocall....

Padahal kartun POKEMON sendiri itu rilis pada tahun 1995 di jepang. Pada saat itu alat komunikasi yang paling gampang kita temuin cuma telephone umum. Anehnya di film ini kita udah bisa ngelihat sebuah teknologi videocall untuk alat komunikasi publiknya. 

Untuk teknologi video call secara dunia nyata baru gue temuin seinget gue sekitar tahun 2008 kalo ga salah seinget gue. Itupun pada masa pertengahan teknologi 3G ke HSDPA Berdasarkan beberapa sumber, teknologi 3G pertama ada di Indonesia sekitar tahun 2003, dan sekitar tiga sampai empat tahun berikutnya teknologi Video Call mulai menjamur. Namun pada saati itu kualitas gambar yang dikirim maupun diterima masih sangat biasa, mengingat semua keterbatasannya. Nah contoh itu berarti segala hal yang sudah difilmkan kemungkinan bisa saja terjadi, ntah itu lima tahun lagi ataupun berpuluh-puluh tahun lagi. 

Kali ini gue bahas film favorit gue, "IRONMAN". Disini banyak banget hal-hal yang bersinggungan dengan teknologi. Segala hal di Ironman bisa juga bakal hadir di dunia nyata. Gue inget, waktu nonton salah satu scene di film IRONMAN 2. Pada scene ini Tony Stark lagi buka-buka berkas mendiang ayahnya atas perintah Nick Fury. Dia nemuin deh roll film zaman dulu yang isinya tentang record si ayah Tony alias Howard Stark lagi take buat iklan Stark Expo. 

Dalam scene tersebut Howard mengulang-ulang take-nya dikarenakan berbagai macam hal ada yang gara-gara lupa script, ada yang gara-gara ketawa, ada yang  gara-gara bercandaan dan bahkan ada yang gara-gara Tony main dideket dia yang lagi take. Namun setelah itu rekaman yang isinya video "dibuang sayang" ini tau-tau blank putih gitu. Akhirnya muncullah Howard Stark dengan wajah serius dengan mengucapkan beberapa kalimat berikut

"Tony, you are too young to understand this right now, so I thought I would put it on film for you. I built this for you, and some day you'll realize that it represents a whole lot more than just people's inventions. It represents my life's work. This is the key to the future. I'm limited by the technology of my time, but one day you'll figure this out. And when you do, you will change the world. What is, and always will be, my greatest creation... is you."

Dan pada akhirnya, Tony pun menemukan sebuah jawaban dari clue yang diberikan pada ayahnya di scene tersebut. Dia (Tony) berhasil menemukan elemen baru untuk mengaktifkan reaktor dengan daya yang tak terbatas dan tanpa efek samping.

Scene itu sangat menginspirasi gue, dan gue pun punya cita-cita biar bisa jadi seperti Howard Stark. Memberikan Warisan  pada anaknya yang berupa segunung ilmu pengetahuan bukan hanya segudang harta melimpah.

Semoga gue mampu dan waktu pasti akan menjawabnya.





0 comments:

Post a Comment