Thursday, April 9, 2020

Corona Virus Diseasies 2019 #1

Dunia lagi diguncang cobaan yang cukup hebat awal tahun 2020 ini...

Corona Virus Diseases tahun 2019 atau disingkat CoViD-19. Merupakan sebuah Virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Virus ini ditemukan pertama kali di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 tepatnya Desember 2019. Kalau dari cerita aslinya mungkin elu bisa cek di website kesehatan resmi milik pemerintah atau di situs milik WHO yang menangani pandemi ini.

Hingga Hari ini saja total kasus yang terjadi di dunia mencapai 1.487.870 dengan tingkat kematian 88.630 dan yang selamat mencapai 331.705. Jumlah ini pun pasti akan berubah dan perubahannya lumayan signifikan, mengingat cara penyebaran pandemi ini pun mudah. 

Salah satu cara penyebaran virus ini melalui droplet (cipratan air) dari bersin ataupun batuk seorang penderita. Nah, dari droplet ini bisa kemana-mana, dia nempel di baju, nempel di handphone, nempel di kursi, bahkan di meja pun juga bisa. Sehingga, orang yang awalnya tidak terkena virus ini bisa saja mengidapnya dengan syarat, setelah dia berkegiatan ntah apapun itu dan berdekatan dengan pengidap virus, secara otomatis dalam segi medis dia sudah dianggap Orang Dalam Pengawasan. Hal ini dikarenakan, setelah dia berinterasksi dengan si pengidap, dia secara tak sengaja memegang area muka dia sendiri dan jalan masuknya virus ini kedalam tubuh manusia adalah melalui mulut, mata dan hidung. Tapi hingga detik ini juga masih belum ada penelitian yang berani secara resmi menyimpulkan mengenai spesifikasi detail dari kekuatan bahkan kelemahan dari virus ini.

Di Indonesia sendiri Virus ini juga sudah merajalela. Pada awal maret kemarin Bapak Presiden Republik Indonesia juga sudah memberikan klarifikasi mengenai virus ini. Hingga hari ini angka kematian akibat virus ini di Indonesia mencapai 240 dengan 2.956 orang terkonfirmasi mengidap.

Dengan data seperti ini, Pemerintah pusat pun sejak pertengahan maret kemarin mengambil kebijakan Social Distancing lalu dikarenakan Korban positif masih juga naik akhirnya menjadi Physical Distancing. Malah akhir Maret 2020 kemarin sampai terjadi pembatasan lalu lintas di setiap daerah. Namun, semakin kesini sudah berkurang pemabatasan lalu lintasnya dan menjadi Instruksi Pemerintah Wajib Mengenakan Masker . 

Gua cuma bisa berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir dan apabila ada penelitian mengenai vaksin, semoga segera ditemukan dan di distribusikan ke semua Negara.





0 comments:

Post a Comment