Thursday, May 5, 2016

Belajar Jaringan Sama Bro Faisal, Bro Adit, Bro BeEf dan Bro Jungkir.

Kemarin tepatnya 27 april 2016 gue dapet kabar dari Faisal temen gue kuliah dulu buat bantuin dia pasang antena jaringan didaerah Gorang-gareng, Magetan.
Emang sih jauh-jauh hari sebelumnya gue minta ke Faisal buat ajarin gue jaringan, dan sekitar seminggu dari permintaan tolong gue itu, Faisal dapet project buat pasang di daerah Gorang-gareng itu.
Singkat kata hari H (27 April), sekitar jam 09.00 WIB gue diajak kerumah mertua Faisal dulu trus berangkat cari alat buat pasang antenanya, sampai di lokasi sekitar jam 11.00 WIB. Ga pake lama gue, Faisal, dan Adit persiapin perlengkapannya :
  1. pipa besi (pipa air), di set dengan ukuran 2 X 4m, satu diameter 2,5 dimdan satunya 2 dim. lalu dilobang bagian atasnya yang tujuannya sebagai tempat pengunci.
  2. Paku baja 5 biji & paku beton 3 biji.
  3. Kawat untuk Spander.
  4. Antena Grid
  5. Kabel utp yang sudah terpasang dengan connector
  6. Tang, palu, kunci pas 12-14.
Ok, semua sudah siap, lokasi pemasangan juga sudah ditentukan, saatnya naik ke atep rumah. Jujur ini pengalaman pertama gue naik ke Atep rumah, mending kalo rumahnya baru mau injak kayu atep sebelah mana aja pasti kuat, ini rumah jadul gitu, orang kayunya sebagian kalo diinjak bunyi, apa ga horor ??
Dengan tekat mau belajar, gue beraniin diri gue. Sampe diatas ternyata panas banget, gila bener, pikir gua ini yakin mau pasang jam segini ??
Pada akhirnya, setelah sepander pertama terpasang semua dan tiang dipanjat aman, Faisal ngajakin turun, gara-gara panas diatas atep.
Turun gue istirahat buat makan, ngopi, ngobrol sampai matahari ga terlalu penas lagi. Sekitar jam 15.00 WIB gue ma Faisal naik lagi, sampe diatas pasang lagi spander ke 2 yaitu di tiang yang ke dua, setelah pasang spander ke dua sekitar jam 17.30 WIB antena udah terpasang. Niatnya mau lanjut Pointing, tapi adzan maghrib berkumandang, akhirnya kami rehat dulu sampai selesai maghrib. Setelah Maghrib lanjutkan pointing, ternyata hasilnya Signal Strength cuma dapet -90 dbm dan Transmit CCQ cuma 50%.
Hasil tersebut dikarenakan didaerah tembakan signal terdapat rimbunan pohon bambu, otomatis signal susah didapat. Kata Faisal signyal itu bakal susah ditembus oleh Pohon Jati dan Pohon bambu dikarenakan phon tersebut banyak mengandung air. Jalan terakhir menaikan antena beberapa meter keatas dengan cara menambah pipa lagi. So itu sekitar jam 22.00 WIB kami naik lagi buat masang pipa tambahan. Sampai diatas semua pipa terpasang, spanderpun juga sudah terpasang. Namun, terjadi insiden yaitu spaner sebelah selatan lepas karena paku beton tidak kuat menahan spander. langsung dah, gue tarik spander yang lepas tadi buat imbangin, dan akhirnya dipasang lagi. Setelah itu pointing lagi dan hasilnya, Signal Strength dapet – 75 dbm dan Transmit CCQ dapet 100%.
Syukurlah problem solved, sekitar jam 04.00 WIB (28 April) gue pulang dan sampai rumah langsung tepar.
Thanks to Faisal Kurniawan, Adit, BeEf dan Jungkir.

0 comments:

Post a Comment